Bisnis Internet

Tuesday, March 30, 2010

Semua Atasan Gayus Tambunan Resmi Dinonaktifkan


DirJen Pajak Moch. Tjiptardjo hari ini resmi menonaktifkan seluruh atasan Gayus Tambunan di Direktorat Keberatan dan Banding Ditjen Pajak.

"Penonaktifan ini sampai pemeriksaan selesai paling lama dua minggu, kalau tidak selesai diperpanjang. "Direktur satu orang, Kepala Subdit ada empat orang, dan eselon IV-nya ada kurang lebih lima orang. Penonaktifan ini efektif mulai dari sekarang," jelasnya.

"Ini bertahap dulu, untuk rekan-rekan yang selevel dengan Gayus belum kita nonaktifkan karena yang paling berat atasan-atasan dulu. Salah satunya adalah dengan menonaktifkan pegawai dan pejabat pajak yang bekerja di lingkungan Gayus.


Mabes Polri membidik Milana Anggraeni, istri Gayus Tambunan. Kepala Badan Reserse Polri Irjen Pol Dikdik Mulyana mengatakan berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan Pusat PPATK dan Polri, Milana tercatat menerima dana hingga sebesar Rp 3,6 miliar. “Jika semua itu terbukti, ia menjadi tersangka,” ujarnya di Mabes Polri, Senin (29/3). Kini, kami masih mencari Gayus dan istrinya yang menghilang.

Transfer itu masing-masing terjadi pada 4 Desember 2009 sebesar Rp 470 juta, 8 Desember 2009 sebesar Rp 450 juta, 9 Desember 2009 sebesar Rp 400 juta, 22 Desember 2009 sebesar Rp 1 miliar dan pada 11 Januari 2010 sebesar Rp 450 juta.

Neneng, sekretaris Ketua DPRD DKI yang juga satu ruang kerja dengan Milana, mengatakan istri Gayus itu bukan pegawai yang masuk dalam kategori disiplin. Mabes Polri terus melacak kemungkinan adanya aparat penegak hukum yang menerima aliran Rp 6,2 miliar yang dicairkan Gayus secara tunai. Hasil analisa yang dilakukan Polri menunjukkan dari jumlah itu, Andi Kosasih terbukti menerima Rp 1,9 miliar, masuk ke rekening Gayus Rp 10 miliar, ke rekening Milana Rp 3,6 miliar dan tabungan Gayus Rp 1 miliar. “ Saya menilai tim independen Polri sangat progresif,” katanya.

Soal pemeriksaan terhadap mantan Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Susno Duadji dan
Brigjen Pol Raja Erizman dan Brigjen Pol Edmon Ilyas sudah selesai dilakukan. Artinya, kata Kastorius, sejak Susno menyebut nama penyidik dan jenderal terlibat, tim independen Polri dan Propam Polri langsung memeriksanya.

Menurut Hendry, sebelum kliennya diberhentikan dari Kabareskrim, mantan Kepala Badan Reserse Polri itu pernah bertemu dengan Andi Kosasih.

No comments:

Post a Comment